1 year ago, Posted by: hassuru

Macam-macam Organisasi Internasional di Dunia

FISIP UNAIR / Oleh Hima

 

Hai readers!

Kalau membicarakan tentang dunia internasional itu jadi ingat tentang penyanyi yang go international, kan? Tapi kali ini bukan itu yang dibahas, melainkan apa saja dih organisasi internasional yang ada di dunia. Berbeda dengan pernyanyi-penyanyi yang bersuara merdu dan dapat go international, atau dapat juga disebut terkenal hingga hampir seluruh dunia. Organisasi internasional sendiri adalah organisasi yang anggotanya hampir seluruh atau sebagian besar atau kecil adalah negara-negara di bumi ini. Nah, organisasi internasional juga bermacam-macam menurut ahli, apa saja sih? Simaklah dibawah ini.

Menurut J. Pariere Mandalangi, Organisasi Internasional adalah organisasi yang terbentuk dari perjanjian yang minimal anggotanya adalah tiga negara atau organisasi yang sudah ada. Menurut Boer Mauna, Organiasai Internasional sendiri adalah suatu perkumpulan negara-negara merdeka yang memiliki tujuan dan kepentingan yang sama dengan melalui struktur perkumpulan itu sendiri. Menurut N.A. Maryam Green, Organisasi Internasional itu sendiri dibentuk dari perjanjian oleh tiga atau lebih peserta dari negara-negara yang ada. Nah, jenis-jenis organiasasi internasional tersebut adalah sebagai berikut.

1. Association of South East Asia Nations (ASEAN), yang merupakan organisasi internasional yang beranggotakan dari negara-negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Timor Leste, Filiphina, Vietnam, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Singapura. Semboyan dari ASEAN sendiri adalah Mitreka Satata, yang berarti selalu bersahabat yang sederajat. Tujuan dibentuknya ASEAN sendirii adalah untuk membangun kerja sama dalam bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

2.Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) merupakan organisasi internasional yang memiliki anggota hampir seluruh dari negara-negara di dunia. Tujuan dibentuknya PBB sendiri adalah untuk menjaga perdamaian dunia. Nah, PBB ini memiliki organisasi internasional khusus dibawah naungan PBB juga, yang terdiri atas:

 

  1. Food and Agriculture Organization (FAO) adalah organisasi pangan dan pertanian
  2. General Agreement on Tariff and Trade (GATT) adalah persetujuan tarif dan perdagangan umum
  3. International Atomic Energy Agency (IAEA) adalah badan tenaga atom internasional
  4. International Bank of Recontruction and Development (IBRD) adalah bank rekonstruksi dan pembangunan internasional
  5. International Civil Aviation Organization (ICAO) adalah organisasi penerbangan sipil internasional
  6. International Develpoment Association (IDA) adalah perhimpunan pembangunan sipil internasional
  7. International Finance Corporation (IFC) adalah koperasi keuangan internasional
  8. International Labour Organzation (ILO) adalah organisasi perburuhan internasional
  9. Intergoverment Maritime Consultative Orgnaization (IMCO) adalah organisasi konsultasi maritim antarpemerintah
  10. International Monetary Fund (IMF) adalah lembaga dana internasional
  11. International Telecomunication Union (ITU) adalah Uni-telekomunikasi internasional
  12. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTD) adalah konferensi perdagangan dan pembangunan PBB
  13. United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) adalah organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan
  14. United Nations Children’s Fund (UNCF) adalah organisasi PBB khusus masalah anak-anak
  15. United Nations Development Programme (UNDP) adalah program pembangunan PBB
  16. United Nations High Commisioner for Refuges (UNHCR) adalah komisi tinggi PBB urusan pengungsian
  17. World Health Organization (WHO) adalah organisasi kesehatan internasional

(gurupendidikan.co.id).

3. Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia merupakan organisasi internasional yang bertujuan untuk meminjamkan dana dan bantuan teknik pada negara berkembang.

4. Asian Procutivity Organization (APO) merupakan organisasi internasional yang betujuan untuk meningkatkan pernan produktivitas dan mengembangkan ekonomi serta meningkatkan pekerjaan dalam bidang khusus seperti pertanian dan industri.

5. Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) merupakan organisasi internasional yang anggotanya berasal dari Asia Pasifik bagian selatan yang terdiri dari negara-negara berkembang dengan tujuan agar ada peningkatan ekonomi negara-negara anggota.

6. Asean Free Trade Area (AFTA) merupakan organisasi internasional yang juga dsebut organisasi perdagangan bebas ASEAN

7. European Free Trade Association (EFTA) merupakan organisasi perdagangan bebas Eropa ini bertujuan untuk melakukan kerja sama dalam bidang perdagangan industri.

8. Islamic Development Bank (IDB) merupakan organisasi internasional yang bertujuan untuk membantu negara-negara Islam dalam melakukan peningkatan pembangunan dalam bidang sosial dan ekonomi.

(tugassekolah123.blogspot.com).

Organisasi-organisasi Internasiol di dunia ini memiliki banyak sekali jenis-jenisnya berdasarkan tujuan dibentuk dan keanggotaan negara-negaranya. Karena selain untuk menguntungkan negara-negara yang menjadi anggotanya, organisasi internasional ini juga bertujuan untuk menjaga kedamaian dan keamanan negara-negara di dunia.

 


Referensi :

www.gurupendidikan.co.id [Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018]

tugassekolah123.blogspot.com [Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018] 


Post Views: 2588


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved