1 year ago, Posted by: araial02

Apa Kabar Radio Indonesia?

Radio merupakan salah satu media komunikasi yang cukup klasik. Radio dapat digolongkan sebagai old media atau media konvensional karena kehadirannya yang sudah cukup lama dan masih menggunakan sinyal pemancar gelombang. Sebagai media penyebar informasi, radio memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia. Melalui radio, penyebaran informasi kemerdekaan Indonesia dapat tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Selain menjadi saluran informasi mengenai kemerdekaan, sebelumnya radio juga menjadi alat untuk propaganda melawan Jepang.

Radio pertama di Indonesia yang diresmikan adalah RRI atau Radio Republik Indonesia, yang didirikan pada 11 September 1945 oleh Dokter Abdurahman Saleh. Karena itu tanggal11 September diperingati setiap tahunnya sebagai hari radio nasional. Pada tahun 2019 ini, bagaimanakah kabar radio ditengah gempuran media online? 

Radio Mulai Kehilangan Peminat?

Tidak dipungkiri bahwa media online dan juga new media lainnya menarik minat publik yang tinggi terhadap arus informasi. Radio dan juga media konvensional lainnya perlahan-lahan mulai kehilangan peminat, terutama dari kalangan muda. Hal ini tidak sepenuhnya salah dan juga benar. Radio masih memiliki peminat, dan bahkan menjadi pusat informasi terutama saat berada di jalan raya. Selain menjadi pusat informasi, radio juga masih memutarkan lagu-lagu yang tengah menjadi perhatian di kalangan masyarakat sesuai dengan target pendengar mereka masing-masing. Pemutaran lagu ini membuat radio masih memiliki hati di kalangan peminatnya.

Selain itu, perusahaan radio dengan target pendengar kalangan muda, masih gencar untuk menarik perhatian anak muda dengan membuat acara-acara yang masih berhubungan dengan anak muda. Misalnya ada beberapa radio swasta yang masih aktif terlibat dalam acara konser musik.

Radio di Indonesia Mulai Berinovasi

Radio tentunya tidak ingin kehilangan pendengar begitu saja, meskipun masih memiliki peminat setia. Kini media radio telah berinovasi dengan menggunakan layanan streaming radio menggunakan internet. Beberapa stasiun radio kini dapat diakses secara online oleh siapa saja dan dimana saja, selama terhubung dengan koneksi internet. Karena sebenarnya, radio memiliki satu keterbatasan yakni jangkauan gelombang. Gelombang frekuensi radio sangat terbatas dengan jarak, sehingga satu siaran radio tidak bisa dijangkau oleh orang lain di tempat yang berbeda. Oleh karena itu, radio mulai berinovasi untuk bisa menjangkau lebih banyak orang dengan layanan streaming radio digital atau radio online.

Selain radio online, radio di Indonesia juga harus berinovasi dari segi program siaran. Radio tetap berusaha menyuguhkan siaran hiburan yang menarik dan orisinil. Misalnya GenFM yang memulai program Salah Sambung--program dimana salah seorang pendengar GenFM meminta penyiar GenFM untuk menelpon kolega atau temannya, dan dijejali pertanyaan aneh-aneh yang mengocok perut. Salah Sambung berhasil menjadi program yang orisinil khas radio Indonesia 

Selain dari segi program, stasiun radio sebagai perusahaan juga tengah merambah media sosial. Misalnya penggunaan Twitter, Facebook, Instagram sebagai sarana promosi program dan kegiatan radio. Atau juga sebagai sarana bagi penyiar radio dan pendengar berinteraksi saat penyiar tengah on air di radio. Selain itu, Youtube juga digunakan radio untuk memproduksi konten-konten berbasis audio visual. Misalnya untuk mengunggah wawancara radio dengan artis, atau untuk mengunggah rekaman audio visual bintang tamu yang sudah pernah tampil secara on air di radio.

Radio Harus Tetap Menjadi Kepercayaan Publik

Dengan konten dan informasi di radio yang berbeda dengan media lain di Indonesia, sangat diharapkan radio tetap menjadi kepercayaan bagi publik dan juga peminatnya. Radio meskipun tetap digolongkan sebagai media konvensional, harus tetap berinovasi dan jika bisa menjadi sumber informasi yang terpercaya dipublik. 

Sumber : http://fisip.unair.ac.id/berita/read/1046/fisip-statement-irfan-wahyudi-s-sos-m-comms-phd-radio-berperan-penting-dalam-menyebarkan-informasi-yang-akurat


Post Views: 180


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved