2 weeks ago, Posted by: suarasos50

Bibliofil dan Bibliomania, Apa Perbedaannya?

Apakah kamu termasuk orang yang suka membaca buku? Tidak semua orang menyukai aktivitas ini, karena membaca buku terkadang membosankan, dan juga suka membuat mata lelah. Dalam istilah sehari-hari, kita mengenal orang-orang yang suka membaca buku dan menjulukinya sebagai kutu buku. Julukan kutu buku ini kadang dinilai tidak keren. Sebenarnya bagi kalian yang suka membaca buku, ada istilah lain yang bisa kalian pakai daripada kutu buku.

Istilah tersebut adalah bibliofil, yang berarti secara literal adalah pecinta buku. Pecinta buku yang dimaksud adalah kecintaan untuk membaca buku, dan menyukai buku dalam artian yang wajar. Bila kalian senang dan gemar membaca buku, maka istilah ini adalah istilah yang tepat bagi kalian. Karena, jangan sampai keliru. Apabila kalian menyukai dan mencintai buku dengan kadar yang tidak wajar, maka istilah bibliofil tidak tepat untuk kalian.

Bibliomania, adalah istilah bagi kalian yang menyukai buku hingga menimbulkan terobsesi pada buku-buku yang kalian miliki. Rasa obsesi ini tidak hanya pada isi buku tersebut, tetapi juga hingga fisik buku yang kalian miliki. Seseorang bibliomania bahkan bisa sampai ke tahap merusak hubungan sosial, karena obsesi mereka terhadap buku. Maksudnya, mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan buku, tetapi tidak melakukan interaksi sosial sama sekali, hingga hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya tersebut rusak. Beberapa pendapat menyatakan bahwa bibliomania adalah gangguan psikologis.

Namun, baik bibliofil dan bibliomania sama-sama memiliki satu kesamaan. Kesamaan tersebut adalah mereka sama-sama suka mengoleksi buku. Tentunya orang yang suka membaca buku tidak hanya memiliki 1 buku. Bahkan, beberapa diantara mereka adalah kolektor-kolektor buku. Bagi kalian yang suka membaca buku, termasuk yang manakah kalian? Bibliofil atau bibliomania? Atau kalian nyaman dipanggil kutu buku saja?


Post Views: 19


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved