2 months ago, Posted by: araial02

Beragam Sosial Budaya dan Permasalahannya

Keberagaman sosial budaya disebabkan oleh beragamnya suku bangsa serta kekayaan budaya di Indonesia. Dalam keberagaman ini, antar masyarakat sangat perlu dan wajib untuk hidup harmoni supaya mencegah terjadinya konflik atau hal semacamnya.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), hidup harmoni berarti hidup dengan menjaga kerukunan, senantiasa bertoleransi, saling menghormati antar masyarakat serta saling bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan. Masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai latar belakang budaya serta suku bangsa diharuskan untuk senantiasa hidup harmoni. Contoh hidup harmoni dalam keberagaman sosial budaya yang paling mudah, yakni mengutamakan toleransi dan tidak menjelek-jelekkan suatu budaya atau suku bangsa.

Jenis keberagaman sosial budaya Keberagaman sosial budaya memiliki empat pembagian, yakni: Keberagaman bahasa  Perbedaan letak geografis, ilmu pengetahuan dan sejarah berpengaruh pada keberagaman bahasa daerah yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Contohnya warga Yogyakarta dan Jawa Tengah memiliki Bahasa Jawa sebagai bahasa daerah.

Keberagaman rumah adat  Perbedaan letak geografis juga berpengaruh pada beragamnya model dan jenis rumah adat di Indonesia. Bahan pembuatannya juga harus disesuaikan dengan kondisi geografisnya. Contoh rumah adat di Indonesia, yaitu Rumah Honai di Papua. Keberagaman upacara adat  Kekayaan budaya di Indonesia juga memengaruhi keberagaman upacara adat yang tergolong unik dan menarik perhatian. Contoh upacara adat di Indonesia, yaitu Rambu Solo di Tana Toraja.  Keberagaman seni daerah  Kesenian daerah di Indonesia sangat beragam dan unik, mulai dari seni tari hingga seni teater. Contoh kesenian daerah di Indonesia, yakni Tari Kecak dari Bali.

Permasalahan dalam keberagaman sosial budaya Hidup harmoni dalam keberagaman sosial budaya memiliki tujuan untuk menghindarkan masyarakat dari konflik atau perpecahan. Namun, terkadang permasalahan tidak dapat dihindari karena kurangnya komunikasi dan sikap toleransi. Berikut adalah beberapa permasalahan yang mungkin muncul dalam keberagaman sosial budaya: Konflik sosial dan budaya  Primordialisme adalah sikap yang menanggap jika sukunya lebih baik dibanding suku lainnya. Sikap ini bisa menimbulkan konflik sosial dan budaya di masyarakat karena minim toleransi dan sikap saling menghormati.

Keberagaman sosial budaya bisa mengakibatkan berbagai perubahan. Contohnya perubahan nilai dan norma sosial di masyarakat hingga perubahahan sistem struktur pemerintahan. Timbulnya sikap etnosentrisme  Etnosentrisme adalah sikap atau pandangan yang bertumpu pada kebudayaan sendiri. Hal ini akan menimbulkan perasaan atau sikap meremehkan suatu suku atau kebudayaan. Timbulnya stereotip  Stereotip akan menimbulkan pandangan yang negatif terhadap suatu kelompok budaya. Biasanya stereotip ini bersifat negatif. Contohnya pandangan negatif terhadap suatu kelompok tertentu yang dianggap kasar atau lainnya.


Post Views: 75


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved