1 month ago, Posted by: araial02

Ketahui Jenis dan Alat Komunikasi Online

Hadirnya teknologi memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi informasi. Pasalnya, setiap hari kita memerlukan teknologi ini untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ialah media sosial.

Media sosial kita ketahui kini telah berkembang dengan pesat. Berbagai macam fitur dan aplikasi seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, kini telah tersedia di smartphone. Selain dapat digunakan untuk layanan bisnis, beragam media sosial ini juga sering dijadikan tempat untuk mencurahkan isi hati serta pendapat para penggunanya.

Secara umum, media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online. Dengan begitu, media sosial bisa memungkinkan seseorang melakukan komunikasi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan media sosial? Simak ulasannya yang dilansir dari We Are Social:
Media sosial adalah media daring yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi jarak jauh. Tak hanya itu, media sosial juga digunakan untuk mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet.

Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Untuk mendapatkan jaringan internet, seseorang membutuhkan peralatan elektronik yang dapat bertukar data secara nirkabel atau gelombang radio yang disebut WiFi.

Cukup mengakses media sosial, Anda sudah bisa terhubung dengan banyak orang. Dengan menggunakan media sosial, Anda juga bisa membuat forum diskusi, mengunggah aktivitas sehari-hari, dan lainnya.
Sebagaimana kita tahu, perkembangan media sosial saat ini semakin pesat. Media sosial semakin beragam dan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Dari banyaknya jenis media sosial tersebut, ada beberapa yang saat ini paling banyak digunakan oleh para pengguna. Berikut beberapa jenis media sosial yang paling populer, di antaranya:

WhatsApp

Salah satu jenis media sosial yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp. Jenis media sosial satu ini merupakan media sosial chatting tanpa menggunakan biaya, namun cukup menggunakan internet saja.

Seperti dikutip dari We Are Social, pengguna WhatsApp di Indonesia telah mencapai lebih dari 125 juta orang. Kemudahan saat melakukan chatting dan fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini menjadi salah satu daya tarik seseorang menggunakan WhatsApp.

Facebook

Facebook menjadi salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna paling banyak di Indonesia. Menurut Statistika, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada kuartal I -2019 telah mencapai 120 juta pengguna. Di samping itu, Facebook juga digunakan oleh hampir semua kalangan.

Selain digunakan untuk layanan bisnis, Facebook juga tempat untuk mencurahkan isi hati serta pendapat seseorang. Banyak orang memiliki jumlah pengikut hingga ratusan ribu karena menampilkan konten atau status Facebook yang menarik. Bahkan tak jarang setiap postingan mendapatkan jumlah like dan share hingga mencapai ribuan orang.

YouTube

YouTube merupakan salah satu media sosial yang paling populer di dunia. Hampir semua kalangan mengenal serta menggunakan platform media sosial ini. Berbagai macam konten video dapat ditemukan di YouTube, sehingga tak heran jika YouTube digemari oleh hampir semua orang.

Di samping itu, YouTube juga memungkinkan penggunanya untuk mengunggah atau berbagi video. Sehingga setiap orang atau pengguna diberi kesempatan untuk membagikan karya videonya ke pengguna lain. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik seseorang mau menggunakan jenis media sosial ini.

Instagram

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia ialah Instagram. Dilansir dari statistika.com, pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai lebih dari 61 juta orang. Hal ini menandakan bahwa 22,6 persen masyarakat Indonesia aktif menggunakan Instagram.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi Instagram yang semula hanya digunakan untuk berbagi gambar dan video saja. Kini Instagram menawarkan beragam fitur menarik, salah satunya Swip Up di Insta-stories. Di mana fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menyisipkan sebuah link atau tautan URL di Insta-story, cukup menggeser status story ke atas, pengguna lain dapat melihat halaman yang telah kita sisipkan.
Fungsi Media Sosial
Hadirnya media sosial saat ini tentu memberi banyak dampak bagi kehidupan sehari-hari. Jika pengguna memanfaatkan media sosial dengan baik, media sosial dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adapun beberapa fungsi media sosial adalah seperti berikut:
• Menghasilkan komunikasi atau dialog dengan banyak orang.

• Melaksanakan transformasi manusia yang sebelumnya menggunakan isi pesan berganti dengan pesan itu sendiri.

• Sebagai media komunikasi antara pelaku bisnis atau tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

• Memperluas interaksi sosial manusia dengan menggunakan teknologi internet serta w=Web.

• Membangun personal branding untuk para pengusaha atau tokoh masyarakat.


Post Views: 50


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved