Infographic Airlangga Digital Coaching: PKIP Routine Training

SURABAYA – ADM WEB | Pada Kamis 3 Agustus 2023, PKIP (Pusat Komunikasi dan Informasi Publik) Universitas Airlangga bekerja sama dengan Jawa Pos (Tirto.id) menyelenggarakan pelatihan infographic di ruang Majapahit, ASEEC, Unair. Sebanyak hampir 60 peserta hadir di acara hari ini, diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Fakultas dan juga unit di Universitas Airlangga. Selain itu beberapa undangan khusus pada sejumlah SMA di Surabaya juga turut hadir pada workshop singkat ini.

Acara dimulai pukul 09.00 dibuka oleh Wakil Rektor Bidang IDI Unair, yakni Prof. Muhammad Miftahussurur, dr., M.Kes., Sp.PD-KGEH., Ph.D., yang menyambut dengan hangat kepada seluruh peserta workshop, terutama kepada adik-adik siswa-siswi SMA di Surabaya. Pemateri dalam pelatihan pembuatan Infografis ini adalah Eren Pratama, yang merupakan staf dari Jawa Pos sejak tahun 2013. Materi yang disampaikan diawali dengan penjelasan ringan mengenai infografis, jenis dan bentuk infografis yang biasa dibuat, dan tips bagaimana merubah informasi padat menjadi bentuk visual yang menarik.

Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan infografis ini adalah, bagaimana cara kita menarik minat pembaca dengan candaan yang ringan dan dari topik yang sedang hangat. “Tapi ingat ya teman-teman, tidak semua hal bisa dicandain karena ada beberapa hal yang kita harus sesuai etika penulisan”, Eren menambahkan. Ia pun melanjutkan, riset juga penting untuk dilakukan sebelum membuat infografis supaya data yang diberikan memiliki kredibilitas yang tinggi.

Perwakilan FISIP dalam kegiatan ini adalah koordinator KIDI untuk website, Rizky Sugianto Putri, M.Si., “Kegiatan ini bagus ya, update yang penting ya di dunia medsos sekarang. Infografis aplikasinya tidak hanya untuk branding aja tapi juga bisa diterapkan di dunia akademis, contoh sederhananya pembuatan Museum Etnografi FISIP UNAIR, yang 80% adalah infographic-based karena itu Museum Kematian sudah meninggalkan kesan ‘kuno’ tidak seperti museum pada umumnya”, imbuhnya.

Artikel berita ini mencerminkan poin SDG ke-11 (RSP).

source
https://unair.ac.id