Osman Nur Chaidir's Journey to Achieve Prestigious Achievements at Young Leaders Indonesia by McKinskey

SURABAYA – ADM WEB |  Osman Nur Chaidir, mahasiswa tahun keempat program studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Airlangga, berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional dalam program Young Leaders Indonesia (YLI) by McKinskey sebagai Early Decision Participants. Prestasi tersebut Osman dapatkan setelah terpilih menjadi 20 besar dari 1000 peserta. 

YLI by McKinskey merupakan  program pelatihan kepemimpinan secara intensif yang diinisasi oleh Young Leaders Indonesia Foundation di bawah naungan McKinskey & Company (perusahaan konsultan terkemuka).  

Peserta yang mengikuti program tersebut akan diberikan beragam modul kepemimpinan dengan metode pembelajaran dua arah. Selain itu, mereka juga didorong menyusun Personal Leadership Project (PLP).  

Osman menerangkan, PLP merupakan wadah untuk menyalurkan gagasan serta meningkatkan pengembangan diri mahasiswa. PLP sendiri telah sukses mencetak para pemimpin hebat seperti Nadiem Makarim (CEO dan Founder Go-Jek Indonesia) serta Iman Usman (Co-Founder Ruang Guru). 

Motivasi yang mendorong Osman mengikuti YLI adalah keinginannya untuk mencoba hal baru. “Forum prestisius dengan peserta para pemimpin yang terpilih dan hebat di bidang masing-masing, sehingga worth to try. Saya juga ingin menambah koneksi dengan para pemimpin muda yang keren-keren,” terang Osman.  

Manfaat yang diperoleh dari Osman dari program tersebut juga tidak main-main. “Membuat kita mendapatkan mendapatkan variation of view dari pemuda yang unik-unik. Itulah yang membuat saya merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. It’s really worth untuk dicoba karena benefit dan dampaknya yang luar biasa.” 

Osman juga berpesan kepada pembaca untuk jangan takut dengan kegagalan. “Dalam mengikuti kegiatan ini, saya tidak takut gagal. Nothing to lose. Tips dari saya, pertama tetaplah mencoba. Kegagalan it’s actually normal things sebagai seorang manusia. Jadi, jangan pernah takut gagal. Kedua pilihlah teman yang bermanfaat dan punya value agar bisa mendukung langkah kamu. Ketiga, jangan lupakan doa Ibu dan jalur langit. It’s really work,” pungkas Osman.  

Artikel ini mencerminkan poin ke-4 SDGs yakni Quality of Education yang dicanangkan oleh PBB. (DFD).  

source
https://unair.ac.id