Kolaborasi FISIP Unair dan UniSZA Malaysia dalam Penyelenggaraan ICoCSPA 2023 dengan Fokus pada Isu-isu ASEAN

International Conference on Contemporary Social and Political Affairs (ICoCSPA) 2023 yang ke-9 merupakan acara rutin skala internasional yang diselenggarakan oleh FISIP UNAIR. Tahun ini, FISIP UNAIR bekerja sama dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia untuk menyelenggarakan konferensi ini. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 26-27 Agustus 2023 di UniSZA Kuala Terengganu, Malaysia. ICoCSPA bertujuan sebagai wadah untuk memamerkan karya-karya ilmiah dari komunitas akademik FISIP Unair sekaligus memperluas jaringan kerjasama internasional bagi lembaga tersebut.

Agastya Wardhana, S.Hub.Int., M.Hub.Int., seorang dosen di program Ilmu Hubungan Internasional, menyampaikan bahwa ICoCSPA 2023 mengusung tema “Hitting the Barriers: Pusat Pertumbuhan ASEAN” yang berfokus pada isu-isu terkait ASEAN. Beberapa poin diskusi dalam ICoCSPA 2023 membahas penguatan identitas ASEAN dalam bidang politik, kerja sama, perdagangan, pendidikan, perdamaian, keamanan, dan kebudayaan. Konferensi ini menjadi forum untuk berdiskusi mengenai tujuan pembangunan berkelanjutan dan inklusif di seluruh negara anggota ASEAN.

“Karena Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun ini, harapannya konferensi ini dapat memberikan kontribusi pada wacana dan studi mengenai isu-isu terkait ASEAN,” jelas Agas.

Selain itu, Agas juga menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan ICoCSPA yang akan datang pada akhir Agustus.

“Harapan kami untuk ICoCSPA 2023 adalah agar acara ini semakin meriah, karena konferensi tahun ini diselenggarakan di dua negara. Tentu saja, partisipasi yang besar akan hadir dari Indonesia dan Malaysia, yang akan berkontribusi pada kesuksesan acara ini. Semoga semakin banyak komunitas akademik FISIP Unair yang dapat bergabung dalam konferensi ini,” ujar Agas.