FISIP and FH UNAIR Collaboration Creates Yo Iki CAK Community

SURABAYA – ADM WEB | Pada Rabu (31/05/2023) lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar CIFest Road Show 2023. Kegiatan tersebut diadakan di Aula Garuda Mukti Kampus MERR-C Universitas Airlangga dengan dihadirkan mahasiswa dari berbagai kampus di Surabaya. Acara yang mengusung tema “Gagasanku Integritas Kampusku” itu bertujuan untuk mempromosikan kompetisi membuat program untuk mengedukasi integritas civitas akademika kampus.  

Tim dari berbagai universitas di Surabaya ikut serta dalam kompetisi membuat program. Namun, hanya sebagian tim yang lolos sampai tahap akhir dan menerima pendanaan dari KPK. Salah satunya adalah tim yang terdiri dari Atha (Ilmu Politik FISIP UNAIR 2020), Tuffa (Antropologi FISIP UNAIR 2021), Senja (Ilmu Hukum FH UNAIR 2022), Panca (Administrasi Publik FISIP UNAIR 2022), dan Marsha (Ilmu Politik FISIP UNAIR 2021). 

Kolaborasi antara mahasiswa FISIP dan FH UNAIR tersebut berhasil menciptakan komunitas bernama Yo Iki CAK. Frasa “CAK” merupakan singkatan dari Civitas Anti Korupsi dan juga merupakan pendekatan kultural yang identik dengan orang Surabaya. Komunitas ini bertujuan untuk menyebarluaskan nilai-nilai integritas di civitas akademika Universitas Airlangga dalam melawan berbagai bentuk korupsi.  

Komunitas Yo Iki CAK atau Yo Iki Civitas Anti Korupsi akan mengadakan rangkaian acara yang terdiri dari distribusi modul untuk promosi, acara utama berupa talkshow dan pelatihan, lalu ditutup dengan mini teater sebagai bentuk deklarasi pembentukan komunitas ini. Rangkaian acara ini akan dimulai pada pertengahan Agustus hingga Oktober 2023.   

“Harapannya, komunitas ini bisa berjalan sesuai tujuan dan target yang sudah direncanakan. Selain itu, bisa terus bertahan agar nilai-nilai integritas itu tidak hanya menyebar di angkatan aku saja, tapi juga untuk angkatan selanjutnya,” ujar Marsha, mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2021.  

Artikel ini merefleksikan poin ke-4 dan 16 Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu Quality of Education dan Peace, justice and strong institutions. (AA) 

The post Kolaborasi Mahasiswa FISIP dan FH UNAIR Ciptakan Komunitas Yo Iki CAK  appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id