FISIP UNAIR Welcomes New Students at First Day of PKKMB

SURABAYA–ADM WEB | Bulan Agustus dapat dibilang sebagai bulannya mahasiswa baru di UNAIR. Pada Rabu (16/8/2023), 9.000 mahasiswa baru berhasil dikukuhkan di Airlangga Convention Center oleh Rektor UNAIR, Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak. Selanjutnya, semua mahasiswa baru harus mengikuti serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). 

Setiap mahasiswa baru akan disebar ke berbagai fakultas untuk mengikuti materi seputar UNAIR, kemahasiswaan, hingga kehidupan selama berkuliah. FISIP UNAIR pun turut menyambut 150 mahasiswa baru di hari pertama PKKMB pada Jumat (18/8/2023) bertempat di Aula Soetandyo. 

Networking sebagai Kunci

“Sebagian besar mahasiswa pasti merantau. Mereka harus tinggal di lingkungan baru yang jauh berbeda dari tempat tinggalnya. Namun, dengan merantau mereka jadi memiliki kesempatan lebih besar untuk lebih mengenal karakter orang lain dari berbagai daerah,” ujar Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., Ph.D. saat membuka materi. 

Irfan kemudian menuturkan bahwa networking merupakan sebuah kesempatan yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa. Menurut Irfan, networking dapat mempermudah kehidupan selama di kampus sampai setelah lulus, misal untuk riset, kerja sama, hingga mencari cuan. 

Identitas UNAIR

“Sama seperti manusia, universitas tentu memiliki identitas agar mudah dikenali, termasuk UNAIR. UNAIR sendiri memiliki motto excellence with morality yang artinya setiap mahasiswa UNAIR harus diiringi dengan moral dan nilai luhur selama menempuh studi. Manusia tentu akan lebih dihormati jika ia bisa menghargai orang lain dan mempunyai sopan santun,” sambung Irfan. 

Universitas yang saat ini memiliki 15 fakultas dan dua sekolah tersebut turut menjalin kerja sama dengan mitra dan kampus luar negeri. Saat ini, UNAIR telah menjalin kerja sama dengan 292 mitra dan 193 universitas dari 47 negara. 

Irfan menekankan bahwa kerja sama dengan pihak eksternal sangatlah penting untuk mendukung akreditasi dan ranking UNAIR, baik di tingkat nasional maupun global. Di tingkat global, UNAIR berhasil menempati posisi ke-345 menurut QS World University Ranking (WUR). 

“Semua yang ada di UNAIR adalah orang-orang sukses di jalurnya masing-masing. Setiap mahasiswa akan menjalani prosesnya sendiri-sendiri. Pesan saya untuk mahasiswa baru adalah agar kalian tetap cari jalan masing-masing, tentunya dengan dukungan orang tua, dosen, hingga teman. Nantinya, kalianlah yang berperan besar di masa depan,” tutup Irfan di akhir materi. 
Artikel ini merefleksikan nilai SDGs ke-4 Quality Education (AS).

source
https://unair.ac.id