FISIP UNAIR Presents Ronald Lukens-Bull in Academic Writing Workshop

SURABAYA – ADM WEB | Workshop kepenulisan yang mengusung tema Academic Writing sukses diselenggarakan oleh FISIP UNAIR dengan menggandeng Prof. Ronald A. Lukens-Bull, selaku professor Antropologi dari University of North Florida. Acara yang berlangsung di Ruang PBB, Gedung C, FISIP UNAIR tersebut dihadiri oleh sejumlah mahasiswa magister serta doktoral departemen Antropologi FISIP UNAIR. 

Professor Ronald. A. Lukens-Bull sendiri merupakan salah satu akademisi kenamaan dalam studi Antropologi Agama, terutama Agama Islam, di tingkat global. Karyanya telah banyak yang terindeks scopus. Mulai dari buku, artikel, hingga jurnal penelitian. Salah satunya adalah Menegosiasikan Modernitas dan Identitas di Jawa Muslim.  Karya tersebut telah sukses membantu penelitian tentang komunitas muslim di Jawa yang melibatkan diri pada globalisasi.

Professor yang tertarik meneliti tentang GP Ansor tersebut secara konsisten membimbing mahasiswa dalam proyek penelitian. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, Lukens-Bull menjelaskan beberapa struktur umum dalam kepenulisan akademik yang sistematis,  aturan dan kaidah kepenulisan akademik, serta dasar-dasar dalam membuat karya ilmiah.  

Lukens-Bull tak luput mengingatkan untuk mempelajari sebuah jurnal rujukan terlebih dahulu. “Bukan hanya membaca jurnal yang menjadi rujukan, tetapi juga meneliti dan mempelajari,” terangnya.  

Tidak berhenti sampai di situ, Lukens-Bull memamarkan pula terkait publikasi ilmiah dan langkah apa saja yang perlu dilakukan agar mampu terindeks oleh scopus. Sebelum mengunggah ke scopus, perlu diperhatikan untuk mereview tulisan terlebih dahulu. Misalnya peer review atau writer review form. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas dan kredibilitas publikasi akademik. Misalnya mendeteksi kecurangan atau plagiarisme, kesalahan dalam penulisan, serta hal lain yang mampu menurunkan mutu suatu karya.  

Artikel ini mencerminkan poin ke-4 SDGs yakni Quality of Education yang dicanangkan oleh PBB. (DFD)

The post FISIP UNAIR Hadirkan Ronald Lukens-Bull dalam Workshop Academic Writing appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id