FISIP UNAIR Holds Odd Semester Opening 2023/2024

SURABAYA – ADM WEB | Untuk mengawali pelaksanaan semester gasal tahun akademik 2023/2024, FISIP UNAIR menyelenggarakan kegiatan pembukaan semester pada Senin (4/9/2023) yang secara simbolik menjadi fresh start bagi para dosen dan mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan di Ruang Adi Sukadana FISIP tersebut dihadiri oleh Dekan FISIP, para dosen, hingga perwakilan mahasiswa dari tujuh program studi. Sebagai pembuka, Prof.Dr.Bagong Suyanto,Drs.,M.Si, selaku Dekan FISIP menyebutkan bahwa forum yang dilaksanakan pada siang hari itu ditujukan agar seluruh keluarga besar FISIP dapat berkumpul dan menyapa satu sama lain. 

Terdapat beberapa poin yang disampaikan oleh pihak Dekanat. Diawali dengan pembahasan Prof Bangong perihal peraturan yang tengah hangat diperbincangkan yaitu Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud Ristek) No. 53 Tahun 2023 tentang Penjamin Mutu Pendidikan Tinggi tidak diwajibkan mahasiswa S1 dan D4 membuat skripsi untuk tugas akhir. Prof Bagong mengatakan bahwa akan ada tindak lanjut dari Rektor UNAIR untuk membahas peraturan baru tersebut. Meskipun demikian, Prof Bagong menegaskan bahwa FISIP tetap akan memberlakukan skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa. “Saya sendiri punya bayangan di FISIP tidak mungkin skripsi, disertasi, dan tesis dihapuskan karena itu ilmu murni kita. Di FISIP yang diandalkan adalah kemampuan mengorganisasi ide besar yang dituangkan dalam skripsi,” ujarnya. Namun, ia sepakat apabila kewajiban menulis jurnal bagi mahasiswa dihapuskan.

Sulikah Asmorowati, S.Sos., M.Dev.St, Ph.D, selaku Wakil Dekan II juga mengimbau terkait jaring aspirasi dari tiap-tiap departemen, stakeholder, dan para mahasiswa terkait pemindahan ruang dan fasilitas ke gedung baru yang akan dilakukan pada bulan Desember mendatang. Tujuannya agar penggunaan gedung baru dapat dirasakan oleh seluruh keluarga besar FISIP. Selanjutnya, Irfan Wahyudi. S.Sos., M.Comm., Ph.D, Wakil Dekan III memberitahukan mengenai beberapa agenda kerja sama internasional yang tengah dijalin oleh FISIP UNAIR. Tujuannya adalah untuk mendorong FISIP UNAIR dikenal secara luas khususnya di Kawasan ASEAN. “Tentu dukungan pula dari pusat studi kita (FISIP UNAIR) akan sangat kuat bentuk-bentuk kerja sama dan penelitian yang dilakukan, tentu sangat penting kerja sama dengan pihak luar,” terangnya. Kegiatan pembukaan semester gasal tahun akademik 2023/2024 dilanjutkan dengan potong tumpeng yang dipimpin oleh Prof Bagong dan ditutup dengan sesi makan bersama. 

Artikel ini mencerminkan poin 16 Peace, Justice, and Strong Institutions dan poin 17 Partnerships for The Goals dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan PBB. (SA).

source
https://unair.ac.id