FISIP Welcomes New Masters and Doctoral Level Students

SURABAYA–ADM WEB | Pada Senin (4/9/2023), FISIP UNAIR menyambut mahasiswa baru jenjang magister dan doktoral di Ruang Adi Sukadana. Acara penyambutan tersebut dihadiri oleh 110 mahasiswa dan beberapa dosen pengajar jenjang magister dan doktoral. Selain dikenalkan dengan jajaran dosen pengajar, para mahasiswa juga diberi kesempatan melakukan tanya jawab dengan para dosen. 

Identitas FISIP

Acara penyambutan dibuka oleh Dekan FISIP, Prof. Bagong Suyanto, Drs., M.Si. Bagong menegaskan bahwa kampus FISIP identik dengan warna oranye sebagai identitas. Selain itu, FISIP pun didirikan dengan semangat multikulturalisme di mana warganya sangat menghargai keberagaman. 

“FISIP didirikan oleh Pak Tandyo, seorang mahasiswa Hukum. FISIP terkenal dengan orang-orang yang tidak soliter, orang-orang yang menghargai perbedaan. Hal itulah yang membedakan FISIP dengan fakultas lain,” ujar Bagong. 

Pusat Studi di FISIP

“Saya ucapkan selamat kepada teman-teman yang sudah diterima menjadi bagian keluarga FISIP. Berbicara mengenai pusat studi, kalian bisa ikut terjun untuk penelitian. Hal itu sesuai dengan pesan pak rektor agar para mahasiswa bisa terlibat penelitian dengan dosen di pusat studi,” terang Sulikah Asmorowati, S.Sos., M.DEVSt., Ph.D. 

Prof. Dr. Emy Susanti, Dra., MA. pun menambahkan bahwa adanya pusat studi di FISIP merupakan bentuk dari implementasi tri dharma perguruan tinggi, khususnya penelitian dan pengabdian masyarakat. 

“Di FISIP sendiri ada kurang lebih 15 pusat studi, misalnya pusat studi ASEAN. Beberapa kali pusat studi ASEAN dipercaya untuk menggelar acara besar, seperti East Asia Summit pada tahun 2016 lalu. Yang terbaru, kami berhasil menyelenggarakan kuliah tamu dengan duta besar Republik Korea Selatan untuk ASEAN pada Maret lalu,” papar Vinsensio M. A. Dugis, Drs., MA., Ph.D. 

Dugis mendorong para mahasiswa yang hadir untuk bergabung dengan berbagai pusat studi di FISIP. Menurutnya, tidak ada syarat khusus ketika mahasiswa ingin bergabung. Jadi, mahasiswa tidak dibatasi dengan disiplin ilmu yang tengah dipelajari. 

Setelah sesi tanya jawab, para mahasiswa kemudian melaksanakan sesi foto bersama dengan para dosen. Selain itu, mereka pun saling berkenalan dengan teman-teman seangkatan. 

Artikel ini merefleksikan nilai SDGs ke-4 Quality Education (AS)

source
https://unair.ac.id