HIMAPOL UNAIR Facilitates Student Career Development through Talkshows and Career Mentoring Activities

SURABAYA – ADM WEB | Berkolaborasi dengan Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR serta Micro Madani Institute (MMI), HIMA Ilmu Politik UNAIR gelar talkshow dan career mentoring bertajuk “Career Talk: Preparing Your Future From College to Workplace How to Start.” Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari mulai dari 30-31 Agustus 2023 tersebut diikuti oleh lebih dari 100 peserta. Dengan mengundang Arief Wiratama S.Psi., C.Pc., C.Lc (HR Graphologist), Danang Arifin S.Psi., C.Pc., C.Lc (Entrepeneur & Experiental), dan Silkania Swarizona S.IP.,M.IP.,CPS. (News Anchor TVRI Nasional) sebagai narasumber yang memberikan pemahaman terkait pengembangan karir dan pengalaman di dunia kerja kepada para peserta. 

Thoriq Haidar Al Roychan selaku Ketua HIMA Ilmu Politik menyebutkan faktor yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan mentoring karir adalah keresahan semakin minimnya partisipasi mahasiswa pada suatu organisasi kampus. “Ternyata kebanyakan mahasiswa saat ini lebih berfokus pada hal-hal yang menunjang karir dirinya pasca kampus misalnya magang atau MSIB, maka dari itu HIMAPOL mencari cara bagaimana organisasi itu dibutuhkan sama seperti program penunjang karir lainnya,” ujarnya. Menurutnya, mahasiswa kerap kali dihadapkan pada kebingungan terkait karir yang cocok dengan program studi yang mereka ampu serta masih minimnya informasi terkait skill apa saja yang dapat menjadi penunjang di dunia kerja. 

Mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2020 tersebut juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang telah diteken oleh HIMAPOL dan DPKKA UNAIR pada bulan Mei lalu. Dalam hal ini, DPKKA UNAIR menjadi fasilitator pengembangan potensi mahasiswa khususnya yang berkaitan dengan dunia kerja. “Nah dari situlah teman-teman HIMAPOL menjadikan ormawa ini bisa menjadi wadah untuk meningkatkan value diri para mahasiswa untuk mempersiapkan dunia pasca kampus,” terangnya. 

Harapannya melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMAPOL, mahasiswa UNAIR khususnya mahasiswa FISIP memiliki bekal pengetahuan mengenai pengembangan karir serta dapat difasilitasi untuk mengikuti berbagai program magang melalui DPKKA UNAIR. “Harapannya HIMAPOL menjadi organisasi mahasiswa pertama yang dapat survive untuk mewadahi kebutuhan mahasiswa saat ini yaitu dunia pasca kampus,” pungkasnya. 

Artikel ini mencerminkan poin ke-17 Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan PBB. (SA).

The post HIMAPOL UNAIR Wadahi Pengembangan Karir Mahasiswa melalui Kegiatan Talkshow dan Career Mentoring appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id