[FISIP Achievement] Public Administration Student Irene Won 2nd Place in FIKOMWEEK 5.0

Surabaya – ADM WEB | Irene Diana Esmeralda, mahasiswa Administrasi Publik (AP) angkatan 2021 menjadi salah satu mahasiswa berprestasi dari FISIP UNAIR. Selama menjadi mahasiswa, Irene telah berhasil menjuarai beberapa kompetisi, khususnya dalam kategori News Anchor.  Baru-baru ini, Irene berhasil menduduki Juara 2 Tingkat Nasional FIKOMWEEK 5.0 Kategori News Casting.  

Irene dalam FIKOMWEEK 5.0 

FIKOMWEEK 5.0 menjadi ajang public speaking tahunan yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis Universitas Ciputra Surabaya. Kompetisi tersebut diselenggarakan melalui beberapa tahapan dari pendaftaran pada 10 Oktober hingga pengumuman pada 15 Desember 2023.  

Rangkaian kompetisi ini ditutup dengan sesi talkshow dan awarding yang mengumumkan Irene sebagai peraih juara kedua. Irene mengatakan bahwa FIKOMWEEK 5.0 menjadi ajang yang berkesan baginya. 

“Kompetisi saya sebelumnya hanya dilakukan secara online. Di FIKOMWEEK ini saya bisa bertemu langsung dengan dewan juri dan mendengar feedback dari mereka. Sebagai orang yang belajar secara otodidak, masukan dan penilaian juri menjadi hal yang berharga bagi saya,” ujar Irene.  

Selain itu, Irene juga mengatakan bahwa ia menghadapi tantangan selama mengikuti kompetisi ini. 

“Saya harus menyiapkan segala hal secara mandiri, mulai dari pembuatan naskah, pengambilan video, proses menyunting video hingga pengunggahan. Tantangan terbesar adalah memastikan seluruh prosesnya all out agar dapat memukau dewan juri” ujar Irene 

Bagai ungkapan “hasil tidak akan menghianati usaha” dibuktikan oleh Irene yang mampu mengatasi segala tantangan dan merubahnya menjadi kemenangan.  

Irene dan Prestasinya dalam News Anchor  

Minat serta bakat Irene dalam broadcasting menorehkan banyak prestasi. Irene telah banyak memenangkan kompetisi dalam bidang News Anchor. Ia pernah menjuarai beberapa kompetisi, seperti: 

  1. Juara 1 Tingkat Nasional Liga Bahasa dan Sastra 2023 Kategori Baca Berita oleh Ikatan Duta Bahasa Provinsi Lampung. 
  1. Juara 2 Tingkat Nasional Workshop and Public Speaking Competition 2023 Kategori News Anchor oleh Universitas Negeri Jember 
  1. Juara 2 Tingkat Nasional Pekan Jurnalistik Politeknik Negeri Samarinda 2023 Kategori News Anchor.  

Dengan segudang prestasinya, Irene mengaku masih ingin menimbang terlebih dahulu untuk ikut seleksi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UNAIR. Saat ini, Irene fokus berkuliah dan bekerja sebagai pembawa berita di acara Seputar iNews Jatim.  

“Saya berminat untuk ikut seleksi Mawapres, hanya saja saya kurang paham akan syarat dan ketentuannya. Jika ada kesempatan, saya akan menimbang-menimbang terlebih dahulu. Untuk saat ini, harapan dan rencana saya kedepannya adalah lulus tepat waktu,” ujar Irene.  

Artikel ini merefleksikan poin ke-4 SDGs Quality Education (EI)

source
https://unair.ac.id