UNAIR Sociology Students Receive 2024 PKM Funding, Conduct HPV Vaccine Research

SURABAYA – ADM WEB | Mahasiswa FISIP UNAIR berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024. Salah satu tim yang berhasil mendapatkan pendanaan adalah Jenny Dwi Herawati, mahasiswa Sosiologi angkatan 2022. Kegiatan ini termasuk dalam skema Riset Sosial Humaniora (RSH). 

Kegiatan dan Tujuan PKM-RSH 

Jenny  menjelaskan, PKM-RSH adalah program riset yang menggabungkan bidang sosial dan humaniora. Program ini bertujuan untuk meneliti fenomena sosial dan perilaku manusia. 

“Tujuan adanya PKM adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa di berbagai bidang dan memberi kontribusi dalam menyelesaikan berbagai masalah,” ujar Jenny. 

Setelah lolos pendanaan, tahap selanjutnya adalah penilaian intensif dari bulan April  hingga Mei 2024. Pengumuman hasil penilaian intensif dilakukan pada Jumat (31/05/2024).  

Penilaian kemajuan berlanjut hingga Sabtu (03/08/2024). Final PKM ini adalah pengunggahan laporan akhir serta PIMNAS di UNAIR. 

Judul dan Latar Belakang Riset 

Riset yang dilakukan tim Jenny berjudul “Analisis Pengaruh Persepsi Orang Tua Terhadap Pemberian Vaksin HPV pada Anak SD Usia 12-13 di Kota Surabaya.”  

“Kanker serviks adalah penyebab kedua kematian di Indonesia. Namun cakupan vaksin HPV belum memenuhi target 90%,” Jelas Jenny.  

Riset ini bertujuan mengetahui lebih mendalam faktor-faktor persepsi orang tua dalam pemberian vaksin yang diharapkan bisa menjadi rujukan penelitian dan kebijakan pemerintah. 

Proses dan Tantangan selama Meneliti

Jenny mengungkapkan, pengalaman dalam penelitian lapangan membantu Jenny dalam memahami dan menjalani penelitian ini. Timnya berhasil menavigasi berbagai tantangan selama proses penelitian dan penilaian. 

“Saya bergabung di tengah proses penyusunan proposal. Karena topik riset masih berkaitan dengan sosial, saya merasa cocok,” jelas Jenny. 

Sebagai penutup, Jenny menyampaikan pesan kepada mahasiswa FISIP. “Jangan kalah semangat dengan fakultas lain. Kita harus menunjukkan bahwa FISIP juga bisa berprestasi.”

Artikel ini merefleksikan poin SDGs ke-4, Quality Education yang dicanangkan oleh PBB (AN). 

 

source
https://unair.ac.id