Medkom Students Win 2nd Place in Indonesian Judges Association LKTI Competition

SURABAYA–ADM WEB | Hasrullah, mahasiswa Magister Media dan Komunikasi (Medkom) berhasil meraih juara 2 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI). Kompetisi tersebut menjadi bagian dari perayaan HUT ke-71 IKAHI. 

Keresahan Pribadi sebagai Inspirasi Topik Tulisan 

Tulisan Hasrullah yang berjudul “Strategi Prebunking terhadap Potensi Hoaks yang Menyerang Hakim” berhasil menyisihkan sekitar 70 peserta kategori mahasiswa. Menurutnya, ide tulisan tersebut muncul dari keresahannya terkait penyebaran hoaks yang masif pada pemilu lalu. 

“Lomba kemarin kan temanya tentang kehakiman. Nah, kebetulan aku sedang studi di Media dan Komunikasi. Jadi, aku mengambil isu hoaks yang menyerang hakim. Aslinya isu semacam itu sudah ada dari lama, tapi menjadi semakin masif waktu pemilu kemarin. Apalagi hoaks kan menyebar tanpa batasan,” ungkapnya.

Peran CekFakta untuk Mencegah Hoaks

Hasrullah menambahkan kalau dirinya juga tergabung dalam tim CekFakta. CekFakta merupakan proyek kolaboratif inisiasi MAFINDO, AJI, dan AMSI yang melibatkan berbagai media daring untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran hoaks di Indonesia. 

Setiap informasi yang beredar di media sosial akan dikonfirmasi oleh tim CekFakta kebenarannya. Misalnya, melalui pengecekan lokasi atau mengkonfirmasi ke pihak-pihak terkait. Hasil pengecekan tersebut akan diterbitkan disebarluaskan oleh masing-masing media daring yang tergabung dalam tim CekFakta. 

“Ide tulisanku juga muncul dari kegiatanku sehari-hari sebagai bagian dari divisi prebunking CekFakta, biasanya ya bikin konten pencegahan hoaks gitu. Waktu pemilu kemarin aku sempat diperbantukan buat ngecek fakta dari hoaks yang beredar. Pengalaman itu akhirnya aku olah jadi tulisan buat lomba kemarin” tambahnya. 

Artikel ini merefleksikan nilai SDGs ke-4 Quality Education (AS).

The post Mahasiswa Medkom Raih Juara 2 Lomba LKTI Ikatan Hakim Indonesia appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id