HI FISIP UNAIR Lecturer Participates in the 2024 International Visitor Leadership Program as a Delegate

SURABAYA – ADM WEB | Agastya Wardhana, S.Hub.Int., M.Hub.Int, salah satu dosen pengajar di prodi Hubungan Internasional FISIP UNAIR berhasil menjadi salah satu dari enam delegasi yang mengikuti program IVLP dengan tema Understanding Indo-Pacific Policy. Program ini dilaksanakan selama tiga minggu. Program IVLP merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat. Program ini mengundang beberapa pemimpin dan profesional asal Indonesia untuk datang ke Amerika Serikat. Tema program yang dihadiri oleh Agas bertujuan untuk memperkenalkan kebijakan Indo-Pasifik secara lebih mendalam.

Agenda Selama IVLP Understanding Indo-Pacific Policy

Selama program berlangsung, delegasi telah mengunjungi enam kota di Amerika Serikat, antara lain Washington DC, Louisville, Bloomington, Burlington, Boston, dan Honolulu.

“Di enam kota tersebut, kita bertemu dengan berbagai macam stakeholder Amerika Serikat yang bersinggungan langsung dengan kebijakan Indo-Pasifik Amerika Serikat,” ungkap Agas.

Agas bersama delegasi lainnya mengaku bertemu banyak pihak yang bekerja menangani kebijakan Indo-Pasifik Amerika Serikat, diantaranya adalah Pemerintahan Amerika Serikat, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perwakilan Dagang, US Pasific Fleet, Tim Tank AS, Perwakilan Kongres, beberapa universitas, organisasi dan bisnis lainnya.

“Harapannya nanti jika kembali, pengalaman itu bisa digunakan untuk memperdalam hubungan antara Indonesia dengan Amerika Serikat,” ungkap Agas.

Pengalaman yang Dapat Dipetik Setelah Berakhirnya IVLP

Agas turut mengungkapkan harapan dan pengalaman yang bisa diperoleh setelah mengikuti IVLP. Menurutnya, berbagai pengetahuan yang diserap dapat juga diajarkan dan disebarluaskan.

“Sebagai dosen HI, fokus kajian saya adalah Amerika Serikat, sehingga pengalaman saya mengikuti IVLP akan meningkatkan pemahaman saya tentang Amerika Serikat. Tidak hanya yang baik, tetapi juga yang buruk kita pelajari,” pungkasnya.

Artikel ini merefleksikan nilai-nilai SDGs poin ke-17 yaitu Partnership for The Goals. (VKE).

source
https://unair.ac.id