ASEAN University Games 2024 Cabang Olahraga Judo Memperoleh Hasil yang Gemilang

ASEAN University Games (AUG) adalah sebuah ajang kompetisi di bidang olahraga yang dilaksanakan per dua tahun dengan peserta merupakan atlet-atlet dari berbagai perguruan tinggi yang ada di negara-negara ASEAN. Dibentuk pada tahun 1980, ASEAN University Games (AUG) telah dilaksanakan sebanyak 21 kali dengan Indonesia sebagai tuan rumah sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982 di Jakarta, 1990 di Bandung, 2004 di Surabaya, 2014 di Palembang, dan terakhir pada tahun 2024 di Surabaya dan Malang. Tahun ini, AUG diselenggarakan mulai tanggal 25 juni hingga 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang yang diikuti oleh lebih dari 2000 atlet dari 11 negara dengan total 21 cabang olahraga yang dilombakan.

Dari 21 cabang olahraga, salah satunya adalah judo yang menjadi salah satu penyumbang medali emas terbanyak. Pertandingan cabang olahraga judo ini digelar di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga mulai tanggal 26 Juni hingga 29 Juni 2024. Hasil dari pertandingan cabang olahraga ini berbuah manis dengan perolehan 10 medali emas termasuk beregu dari berbagai kelas berat atau mixed team.

Selain itu, terdapat beberapa cabang olahraga lain yang memiliki potensi besar memperoleh medali emas, yaitu renang, panjat dinding, wushu, dan cabang olahraga lainnya. Dengan ini, diharapkan Indonesia tetap menjadi negara dengan perolehan medali terbanyak dalam ajang olahraga ini. Masih tersisa beberapa hari hingga AUG 2024 resmi berakhir, dan diharapkan kesempatan ini dapat digunakan sebaik mungkin untuk kontingen Indonesia.