FISIP UNAIR Holds Journal Development Workshop with Prof. Ronald A. Lukens-Bull

SURABAYA – ADM WEB | Pada hari Kamis (27/06/2024), FISIP UNAIR menyelenggarakan workshop dengan tema acara Strategy and Coaching Clinic Journals: Development of International Standard Journal Quality. Workshop ini dilaksanakan di Ruang Adi Sukadana FISIP UNAIR dengan menghadirkan Prof. Ronald A. Lukens-Bull dari University of North Florida sebagai narasumber. Tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan keterampilan penulis dalam mengembangkan indeks jurnal.

Tahapan Meningkatkan Indeks Sitasi 

Dalam pemaparan materi, Prof. Ronald menjelaskan bahwa terdapat tahapan dalam menaikkan indeks sitasi, antara lain tahap administratif dan tahap penulisan isi. Tahap administrasi meliputi penyampaian saran sitasi dari akademisi, menyebarkan Table of Content (ToC) di media sosial, sedangkan tahap penulisan isi meliputi sumbangan makalah yang sesuai di bidangnya. Selain itu, Prof. Ronald turut menyampaikan saran kepada penulis dan redaksi untuk memperhatikan aspek research gap. Research gap merupakan fenomena kesenjangan hasil dalam penelitian yang disebabkan oleh celah yang terlewat dalam proses analisis.

“Kalau hanya fokus ke data, hal itu tidak akan disitasi secara luas. Harus terdapat pengisian gap data yang menarik untuk pembaca. Dua cara yang bisa dilakukan yaitu meningkatkan kualitas artikel dan meningkatkan jumlah sitasinya,” jelas Prof. Ronald.

Harapan terhadap Jurnal Buatan Indonesia

Prof. Ronald berharap agar peserta workshop dapat meningkatkan kualitas jurnal sehingga perlahan dapat masuk ke jurnal indeks Scopus. Nantinya, jurnal tersebut bisa bersaing dengan jurnal-jurnal Amerika Serikat dan Eropa. 

“Sekarang sudah terjadi ‘penjajahan’ ilmu akibat Scopus karena indeks Scopus diisi oleh jurnal Amerika Serikat dan Eropa. Solusinya adalah memperbanyak jurnal Indonesia yang bisa naik indeks ke tingkat Scopus,” tuturnya.

Artikel ini merefleksikan nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4 yaitu Quality Education(VKE). 

The post FISIP UNAIR Adakan Workshop Pengembangan Jurnal Bersama Prof. Ronald A. Lukens-Bull appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id