UFO 2024 Officially Held as a Leadership Forum for New Students

SURABAYA – ADM WEB | United Fisip Orientation (UFO) hari pertama sukses diselenggarakan pada Kamis, (22/08/24). Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini menyelenggarakan beberapa kegiatan di antaranya, Museum Gerakan, Analisis Sosial, dan Merdeka Berkarya. 

Ketiga kegiatan tersebut berlangsung di ruangan yang berbeda-beda yaitu, taman FISIP, dan ruang kelas A.307, A.309, A.310, serta Aula Soetandyo. 

Museum Gerakan, Ajang Pengenalan Ormawa bagi Mahasiswa Baru

Sebagai bagian dari proses pengenalan mahasiswa baru di lingkungan kampus, pengenalan organisasi mahasiswa menjadi salah satu langkah penting. Museum Gerakan hadir sebagai sebuah ajang yang informatif dan kreatif dengan menyuguhkan sejumlah booth dari BEM hingga BSO.

Konsep ini bertujuan memperkenalkan berbagai organisasi mahasiswa di lingkup fakultas melalui pendekatan yang berbeda, yakni dengan menampilkan sejarah, kontribusi, serta nilai-nilai yang diusung di setiap organisasi dalam bentuk pameran.

Melalui Museum Gerakan, mahasiswa baru diajak untuk melihat lebih dekat bagaimana organisasi dalam kampus telah berkontribusi, baik dalam aksi sosial, pengembangan akademik, hingga advokasi kebijakan.

Fransisca Adilia staff Kementerian Keuangan BEM FISIP UNAIR menyampaikan manfaat bergabung ke organisasi mahasiswa.

“Manfaat bergabung di BEM tentunya dapat menambah relasi, wawasan, dan banyak kementerian yang bisa kalian coba guna mengembangkan soft skill. Untuk mahasiswa baru, ayo join BEM karena kalian dapat bertukar pengalaman dan relasi serta berbagai kegiatan yang seru,” ujar Sisca. 

Antusias Mahasiswa Baru dalam Mengikuti Museum Gerakan

Dari pemaparan singkat sejumlah booth  kementrian BEM dan BSO FISIP, dapat meningkatkan minat dan semangat mahasiswa baru untuk bergabung di dalamnya. Marsya, salah satu mahasiswa baru prodi Ilmu Politik memberikan tanggapannya terhadap kegiatan ini.

“Saya semangat banget soalnya kakak-kakaknya ramah dan ngasih informasi yang bagus banget, pastinya bakal berguna bagi kedepannya. Booth nya juga banyak dan keren. Tadi saya mengunjungi BSO Penalaran, Keilmuan, dan Sosling BEM FISIP. Insyaallah saya ingin join magang di Keilmuan BEM FISIP karena sesuai dengan passion saya,” pungkasnya.

Artikel ini merefleksikan SDGs point ke-4 Quality Education. (MM).

source
https://unair.ac.id