Second Day of University PKKMB at FISIP Runs Conducively

SURABAYA–ADM WEB | Hari kedua PKKMB Universitas di FISIP berlangsung kondusif. PKKMB Universitas itu diadakan di ruang kelas A307, A309, A310, A311, dan Aula Soetandyo pada Jumat (16/07/2024). 

Berbeda dengan hari pertama yang berfokus pada kegiatan akademik, hari kedua kemarin diisi dengan materi seputar kemahasiswaan, organisasi, dan pengembangan diri.  Beberapa pengurus dari organisasi mahasiswa turut hadir untuk mengisi materi, diantaranya pengurus BEM, DLM, hingga FORKOM

Pengembangan Diri melalui UKM

Selain di bidang akademik, mahasiswa UNAIR juga diberi wadah untuk berkecimpung di dunia nonakademik melalui UKM. Di UNAIR sendiri terdapat lima kategori UKM, yaitu UKM Bidang Seni, UKM Bidang Olahraga, UKM Bidang Kerohanian, UKM Bidang Bela Diri, dan UKM Bidang Khusus. 

“Total terdapat 43 UKM yang ada di UNAIR. Nah, kesemua UKM itu dinaungi oleh Forum Komunikasi Mahasiswa (FORKOM) yang anggotanya terdiri dari perwakilan dari masing-masing UKM,” ujar Ni Komang Narada Kanaya. 

Naya, sapaan akrabnya, menjelaskan fungsi FORKOM sebagai wadah untuk menjembatani informasi antara rektorat/pihak eksternal dengan pengurus UKM. Selain itu, FORKOM juga berfungsi untuk menampung dan menyalurkan aspirasi dari masing-masing UKM kepada pihak kampus. 

“Setelah masa orientasi, nantinya teman-teman maba akan diwajibkan untuk mengikuti magang UKM. UKM-nya bisa disesuaikan dengan minat teman-teman, kok. Kalau teman-teman masih bingung, kalian bisa ikut display UKM minggu depan,” sambungnya. 

Aktualisasi Diri melalui Ormawa

Pada umumnya, mahasiswa lebih akrab dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai organisasi mahasiswa (ormawa). Namun, dalam praktiknya, BEM tidak bergerak sendirian. Kinerja BEM turut diawasi oleh organisasi legislatif bernama Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM). 

“DLM merupakan organisasi legislatif yang memiliki empat fungsi, yaitu aspirasi, advokasi, legislasi, dan pengawasan. Anggotanya sendiri terdiri dari dua orang perwakilan dari masing-masing fakultas,” ucap Mohammad Firdaus. 

Menurut Firdaus, DLM berperan penting untuk mengawasi kinerja organisasi eksekutif agar tidak bertindak sewenang-wenang. Selain itu, DLM juga bertanggungjawab untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa UNAIR. 

Di Aula Soetandyo, sesi PKKMB berlangsung aktif. Selama penyampaian materi, mahasiswa baru tampak semangat mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. 

Artikel ini merefleksikan nilai SDGs ke-4 Quality Education. (AS).

source
https://unair.ac.id