Getting to Know Campus Life, FISIP UNAIR Welcomes Visit from Al Muslim High School

SURABAYA – ADM WEB | Pada Selasa, (24/09/2024), FISIP UNAIR menyambut hangat kunjungan dari SMA Al Muslim Sidoarjo. Kunjungan ini merupakan kegiatan rutinan sekolah untuk memperkenalkan kehidupan kampus bagi para siswanya.

Berlokasi di Ruang Adi Sukadana, Gedung A FISIP UNAIR, acara kunjungan kali ini sukses diikuti oleh kurang lebih 50 siswa kelas 10 SMA Al-Muslim beserta sejumlah guru pendamping.

Ustadzah Siska, salah satu guru pendamping mengungkapkan antusiasme murid-muridnya mengikuti acara goes to campus di FISIP UNAIR kali ini.

“Banyak alumni kami (SMA Al Muslim, Red) yang lolos di UNAIR dari berbagai jalur penerimaan. Itu sebabnya peminat UNAIR di sekolah ini juga ikut tinggi karena ingin mengikuti jejak kakak-kakak alumni,” paparnya.

Lebih lanjut, Siska turut menyampaikan tujuan dari kunjungan ini. Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara SMA Al Muslim Sidoarjo dengan berbagai institusi pendidikan tinggi, khususnya FISIP UNAIR. Selain itu, memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa untuk terus berprestasi meraih perguruan tinggi impian.

Tujuan Kunjungan

Adapun acara goes to campus merupakan wadah transfer knowledge antara FISIP UNAIR dengan para siswa SMA Al Muslim. Harapannya, kelak mereka akan mendapatkan bekal pada saat menjalani kehidupan pasca sekolah menengah.

Acara dibuka dengan sambutan perwakilan dari FISIP UNAIR, Wheni Puspita Catur Riyanti, S.KM selaku Kasubag Sarpras. Kemudian, dilanjut dengan sesi pemaparan materi. Materi tersebut meliputi fasilitas-fasilitas FISIP UNAIR, program studi yang tersedia, organisasi dan wadah pengembangan diri mahasiswa, hingga prospek kerja para alumni.

Tidak hanya itu, pembahasan berlanjut ke materi terkait keketatan program studi di FISIP UNAIR dan program dari Kemdikbudristek yaitu MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Selama beberapa tahun belakang, FISIP UNAIR turut menjadi penyumbang awardee program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) terbanyak di UNAIR. IISMA memberikan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk belajar di berbagai universitas terkemuka di dunia. Prestasi membanggakan ini membuktikan bahwa mahasiswa FISIP UNAIR tidak hanya kompeten secara akademik, melainkan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan berprestasi di kancah internasional.

Kesan dan Pesan

Oleh karena itu, FISIP UNAIR selalu mendukung mahasiswanya dalam meraih prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dukungan ini diwujudkan melalui berbagai program dan fasilitas yang disediakan untuk mengembangkan potensi akademik dan non-akademik mahasiswa.

Salah satu siswa, Kinan, menyampaikan kesan dan pesannya. “Saya sangat terkesan dengan fasilitas dan kultur demokrasi di FISIP UNAIR. Kunjungan ini mendapat insight baru tentang gimana kehidupan kampus. Selain itu, saya jadi makin yakin untuk masuk ke Ilmu Komunikasi FISIP UNAIR tahun 2027 nanti.”

Dengan berbagai kesan positif ini, diharapkan kunjungan serupa dapat terus dilakukan untuk memberikan pengalaman berharga bagi para siswa.

Artikel ini merefleksikan nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs) point ke-4 Quality Education. (DFD).

source
https://unair.ac.id