[KKO] Supporting a Healthy Lifestyle, AHPC UNAIR Holds Free Health Check-ups

SURABAYA | Kesehatan bagi setiap orang merupakan tanda kesejahteraan dan keseimbangan antara fisik, mental, dan gaya sosial. Untuk menyadarkan pentingnya kesehatan bagi civitas akademika, Airlangga Health Promotion Center (AHPC) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis pada Kamis, (05/09/2024) lalu. Bertajukkan tema Happy and Health Lifestyle, pemeriksaan ini juga diikuti dengan seminar kesehatan yang bisa diikuti secara gratis. Walaupun saya pernah mengikuti pemeriksaan kesehatan sebelumnya, kali ini saya tertarik untuk mengikuti kesempatan mendapatkan fasilitas pemeriksaan dari kampus. Walaupun demikian, informasi ini baru saya dapatkan dari salah seorang tendik yang mengatakan acara ini sedang berlangsung. Dengan waktu yang cukup senggang, saya berjalan menuju ke lantai tiga Gedung Soetandyo FISIP UNAIR.

Rangkaian Acara Happy and Health Lifestyle

Rangkaian acara tersebut dimulai dengan registrasi peserta dan pengisian kuesioner. Kuesioner tersebut berfungsi sebagai screening kesehatan peserta oleh tenaga kesehatan. Acara diawali dengan penyuluhan materi, beberapa diantaranya membahas tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok, gaya hidup hingga pencegahan NAPZA. Menurut saya, materi tersebut cukup relevan kaitannya dengan kebutuhan lingkungan kampus. 

Setelah penyuluhan berakhir, petugas kesehatan memanggil beberapa nomor urutan untuk melakukan ukur tinggi dan berat badan, dilanjutkan dengan cek tekanan darah dan tensi. Mahasiswa diminta untuk mengantri sesuai nomor peserta. Setelah pemeriksaan selesai, peserta mendapatkan hasil laporan kesehatan. 

“Awalnya saya tau dari teman dan tertarik karena bisa tes gula darah gratis,” ucap Vilia Julieta Ferdy, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2022. Vilia menjelaskan bahwa ia baru pertama kali melakukan tes pemeriksaan gratis dari kampus. Harapan kami sebagai mahasiswa, fasilitas pemeriksaan kesehatan ini dapat dilakukan secara berkala kedepannya. Tak hanya itu, sebelum acara ini berlangsung, pihak kampus dan mahasiswa sebaiknya turut aktif menyebarkan terkait informasi tes kesehatan secara gratis kepada civitas lainnya.

Valerie Kezia Elim (Ilmu Komunikasi 2022)

The post [KKO] Dukung Gaya Hidup Sehat, AHPC UNAIR Selenggarakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id