Effective Preparation for the World of Work, FISIP UNAIR Holds Pre-Graduation Training March 3 2024

SURABAYA – ADM WEB | Wisuda periode Maret 2024 sudah di depan mata. Maka dari itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi calon wisudawan Kampus Oranye di Gedung Soetandyo, pada Rabu (28/02/2024).

Pembekalan tersebut bertujuan memberikan motivasi dan mempersiapkan para calon wisudawan agar siap menghadapi realitas di lapangan usai menamatkan studi di bangku perkuliahan.

Setelah menyanyikan Hymne Airlangga, acara disambung dengan sambutan Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., PhD selaku Wadek III FISIP UNAIR.

“Saya sangat bangga dengan para mahasiswa yang sudah duduk disini karena sudah berhasil lulus dengan baik. Mohon maaf jika terdapat kekurangan selama di FISIP. Saya ucapkan sekali lagi selamat wisuda buat teman-teman,” ungkap Irfan.

Kemudian, memasuki inti acara, Yanuar Nugroho, SE., M.Sc., Ak., CA., ACPA., AWP., selaku perwakilan Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR memaparkan terkait lika-liku post-graduate.

Pada kesempatan tersebut, Yanuar memberikan fakta menarik dalam dunia pekerjaan, yakni skill digital marketing yang mulai banyak diminati oleh perusahaan. Sehingga, pihaknya berharap para calon wisudawan dapat menguasai setidaknya, beberapa komponen dalam dunia digital marketing.

Selain itu, Yanuar menghimbau para calon wisudawan untuk menyiapkan diri dan Curriculum Vitae (CV) sebaik mungkin dalam menghadapi rangkaian recruitmen. Pasalnya, tidak sedikit alumni UNAIR tahun 2022 yang gugur pada tahap wawancara kerja.

“UNAIR memiliki event yang diselenggarakan untuk membantu para pencari kerja khususnya yang baru wisuda. Rangkaian acara ini diselenggarakan oleh DPKKA UNAIR dengan nama acara Airlangga Career, Entrepreneurship, and Scholarship Fair atau ACESFA,” imbuh Yanuar.

Yanuar memberikan saran kepada calon wisudawan untuk berpartisipasi dalam rangakaian ACESFA. Lowongan kerja (loker) yang ditawarkan di ACESFA semuanya telah terjamin dengan aman, sehingga tidak ada loker penipuan yang meresahkan.

Selanjutnya, Lintang Wahyusih Nirmala, S.Ant., M.A. selaku dosen Antropologi menjelaskan tentang study tracer oleh alumni FISIP UNAIR. Study tracer merupakan slah satu cara untuk menghubungkan para alumni dengan mahasiswa yang masih berkuliah untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan pasca-lulus.

“Evaluasi akan terus dilakukan mengenai alumni melalui admin prodi masing-masing. Hal ini akan membantu admin prodi dan DPKKA untuk mempersiapkan mahasiswanya lulus dan cepat mendapatkan pekerjaan,” pungkasnya.

Sesi diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada wisudawan terbaik dari setiap prodi di FISIP UNAIR.

Artikel ini merefleksikan poin ke-4 Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu Quality of Education. (DFD)(ACM).

source
https://unair.ac.id