Building Public Awareness: Joint Workshop with FISIP, Tempo, and ANNIE LAB Teaches the Importance of Checking News Facts

SURABAYA – ADM WEB | Dalam upaya meningkatkan wawasan di bidang media dan komunikasi khususnya dalam cek fakta berita, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga (FISIP UNAIR) mengadakan workshop “Fact-checking workshop ANNIE”. Workshop ini menjadi ajang dalam memperkenalkan website cek fakta bagi para mahasiswa. Dalam pelaksanaannya FISIP UNAIR berkolaborasi dengan Tempo dan tentu saja ANNIE LAB yang menjadi narasumber utama dalam acara tersebut. Workshop ini dilaksanakan pada Rabu, (06/03/2024) – Kamis, (07/03/2024) di gedung C FISIP UNAIR. Workshop ini dihadiri oleh para mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi dan Mahasiswa S2 Media dan Komunikasi.

Penyediaan Platform Untuk Cek Fakta

Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comm., koordinator acara dari FISIP UNAIR, menjelaskan pentingnya workshop dalam menekan penyebaran berita hoaks melalui website cek fakta. FISIP UNAIR berkolaborasi dengan tim cek fakta dari Tempo Institute untuk memberikan wawasan tentang berita hoaks dan peran jurnalis. Kerjasama juga dibangun dengan ANNIE LAB dari the University of Hong Kong untuk mengembangkan layanan website cek fakta di Indonesia hingga tahun 2025. Dengan komitmen untuk terus memperbarui website guna membantu masyarakat memeriksa fakta berita yang beredar.

Irfan Wahyudi koordinator acara, menegaskan bahwa workshop ini difokuskan untuk membantu mahasiswa S1 dan S2 ilmu komunikasi dalam memahami layanan cek fakta. “Fokus utama adalah memahami konsep cek fakta dan melakukan riset lapangan, dengan bimbingan langsung dari mentor yang merupakan jurnalis bersertifikasi cek fakta. Workshop ini akan melibatkan mahasiswa secara aktif dalam penugasaan dan praktek lapangan” ujarnya.

Antusiasme Peserta Mencuat

Antusiasme peserta workshop sangat mengesankan, terutama dari kalangan mahasiswa yang terlibat aktif selama dua hari penuh acara berlangsung. Mereka tidak hanya menunjukkan kehadiran fisik, tetapi juga berpartisipasi secara intensif dalam interaksi diskusi. “Bahkan setelah acara berakhir, antusiasme mereka masih terasa kuat melalui interaksi online yang masih berlanjut hingga saat ini” Ucap Irfan. Antuasiasme ini menjadi sebuah bukti para peserta yang siap menjadi agen perubahan dalam membantu masyarakat memerangi berita palsu kedepannya.

Dari adanya workshop ini Irfan Wahyudi memiliki harapan adanya keberlanjutan untuk terus memperbarui website cek fakta bagi masyarakat Indonesia. Dengan begitu, kedepannya informasi yang beredar dapat dicerna lebih baik oleh masyarakat segala kalangan.

Artikel ini merefleksikan nilai Sustainable Development Goals atau SDGs ke-4 Quality Education dan SDGs ke-17 Partnership for the Goals (ACM)

The post Membangun Kesadaran Publik: Workshop Bersama FISIP, Tempo, dan ANNIE LAB Ajarkan Pentingnya Memeriksa Fakta Berita appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id