Visit of SMAN 5 Tangerang, Learn More about FISIP UNAIR

SURABAYA – ADM WEB I Sebanyak 120 siswa-siswi SMAN 5 Tangerang melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR. Kunjungan tersebut berlangsung pada Selasa (14/05/2024) di ruang Adi Sukadana. Acara yang berlangsung selama dua jam ini menjadi program unggulan untuk mengenalkan FISIP kepada siswa-siswi tingkat SMA/MTs dan sederajat. 

Penyambutan SMKN 5 Tangerang 

Zuraida, M.Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah SMAN 5 Tangerang membuka acara ini dengan ucapan terimakasih melalui pidatonya. 

“Saya ucapkan terima kasih banyak  kepada FISIP UNAIR karena telah menerima kami dengan tangan terbuka. Saya harap kunjungan ini dapat menjadi bekal bagi anak-anak untuk memilih perguruan tinggi negeri dan jurusan yang diinginkan, “ ucapnya. 

Probo Darono Yakti, S.Hub.Int., M.Hub. selaku koordinator staf dekanat turut menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan SMAN 5 Tangerang. Mewakili keluarga besar FISIP UNAIR, Probo menyampaikan ucapan selamat datang kepada guru dan siswa/siswi SMAN 5 Tangerang.  

Memperkenalkan FISIP UNAIR 

Probo memperkenalkan  FISIP UNAIR dengan bercerita mengenai sejarah dan visi-misi yang dimiliki.  

“FISIP UNAIR  mengajarkan kita mengenai nilai-nilai kemanusiaan, pluralisme, keadilan dan kesejahteraan. Ada istilah hukum itu tajam kebawah dan tumpul keatas. Isu-isu mengenai keadilan sosial masih ada kesenjangan hingga sekarang. Oleh karena itu, selama ada perbedaan atau kesenjangan antar kelas di masyarakat, disitulah FISIP  hadir, “ terang Probo.  

Selanjutnya, Probo memberikan pemaparan mengenai tujuh departemen yang ada di FISIP UNAIR. Selain itu, ia juga mengenalkan civitas akademika, fasilitas hingga aktivitas mahasiswa FISIP UNAIR. Acara ini kemudian ditutup dengan antusias siswa-siswi SMAN 5 Tangerang yang ingin bertanya di sesi tanya jawab.  

Ketika ditanya mengenai kesan dan pesan dalam kunjungan,  Adhe, salah satu siswi yang berkunjung mengaku sangat antusias dalam mengikuti kegiatan.  

“Senang sekali saya bisa ikut serta dalam kunjungan ini. Saya bisa menambah wawasan tentang jurusan-jurusan yang ada. Kita juga jadi punya pandangan terbuka soal fakultas-fakultas  yang nantinya bisa jadi bahan pertimbangan kita,” ungkapnya.  

Artikel ini merefleksikan poin SDGs ke-4 dan ke-17, yaitu Quality Education dan Partnership for The Goals. (EI)

source
https://unair.ac.id