BEM FISIP Unair Accelerates Efforts to Arrange Srikana Street Vendors

SURABAYA – ADM WEB | Penataan PKL Srikana yang berada di sekitar Kampus B Universitas Airlangga saat ini menjadi salah satu program kerja Pemerintah Kota Surabaya. PKL Srikana yang digusur pada bulan Maret lalu masih menjadi perbincangan bagaimana kelanjutannya terutama bagi para pedagang yang hendak berjualan. Berdasarkan wawancara bersama Aulia Thaariq Akbar selaku Presiden BEM FISIP Unair periode 2023/2024, mengatakan bahwa pihak BEM FISIP Unair terus mencari upaya menuntut Pemkot Surabaya untuk segera menyelesaikan tatanan PKL Srikana. 

“Bulan Maret lalu dilakukan sosialisasi terkait penggusuran dengan tujuan supaya pedagang lebih rapi dalam berjualan. Maka akan dibuat seperti kontainer untuk berjualan,” ujar Ata. “Sayangnya yang dijanjikan selesai dalam 2 bulan hingga saat ini sudah 5 bulan belum juga selesai,” lanjutnya. 

Ata mengungkapkan saat ini belum terlihat kemajuan yang signifikan terkait proses penataan PKL Srikana, bahkan pembangunan saat ini baru menyelesaikan kerangka kontainer saja. Menurut Ata, pihak mahasiswa perlu melakukan konsolidasi dan menuntut pemerintah agar melakukan percepatan. 

Beberapa waktu yang lalu, BEM FISIP Unair telah merilis sebuah dokumenter terkait penggusuran PKL Srikana. Harapannya, masyarakat dapat turut memahami bagaimana nasib para PKL saat ini.  

“Langkah selanjutnya kita akan melakukan konsolidasi elemen mahasiswa se-Unair untuk meminta nota kesepakatan. Saya berharap nantinya Pemkot selaku yang menawarkan janji dapat bertanggung jawab, entah diberikan sosialisasi atas keterlambatan dan langkah selanjutnya bagaimana,” tutur Ata.  

“Selama ini teman-teman mahasiswa dan PKL hanya mengetahui kabar dari para pekerja disana, bukanlah dari Pemkot. Alangkah baiknya jika Pemkot Surabaya turun memberikan solusi,” lanjut Ata. 

Artikel ini merefleksikan nilai-nilai SDGs poin ke-8 yaitu Decent Work and Economic Growth. (VKE). 

The post BEM FISIP Unair Percepat Upaya Penataan PKL Srikana appeared first on Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) – Universitas Airlangga.

source
https://unair.ac.id