FISIP UNAIR Public Administration Student Successfully Becomes a Delegate at the 2024 Istanbul Youth Summit (IYS)

SURABAYA – ADM WEB | Aisya Ilyasi Fatmala, salah satu mahasiswi Ilmu Administrasi Publik FISIP UNAIR angkatan 2022 berhasil menjadi salah satu peserta delegasi di ajang Istanbul Youth Summit (IYS) 2024. IYS merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Youth Break the Boundaries (YBB) Foundation. IYS bertujuan untuk membangkitkan jiwa kepemimpinan pemuda lewat pendidikan moral melalui platform pertemuan pemimpin global dunia. IYS memberikan ruang untuk berbagi pengalaman dan pemberdayaan pemuda dari seluruh negara. 

Dengan latar belakang keinginan untuk memperluas jaringan pendidikan, Aisya mengungkapkan bahwa terdapat proses panjang yang perlu dipersiapkan untuk menjadi peserta di IYS, salah satunya adalah membuat esai dengan subtema Sustainable Development Goals (SDGs). 

“Tentunya terdapat dosen yang mendukung serta membantu saya selama berproses, yakni bu Nurul dan pak Agie. Selama proses pembuatan esai dan pemilihan subtema SDGs, saya selalu berkonsultasi kepada beliau-beliau,” ungkap Aisya. 

Kegiatan Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 

Dalam pelaksanaan IYS, Aisya diwajibkan menjalani serangkaian program yang berlangsung. Kegiatan yang berlangsung adalah berupa pembuatan proyek antarkelompok, yaitu peserta akan dituntut untuk memecahkan permasalahan dan mengaitkannya dengan SDGs. Selanjutnya, peserta diwajibkan untuk mempresentasikan hasil proyeknya di depan para juri. Pada akhir sesi, akan diumumkan beberapa pemenang dalam kategori nominasi Best Project, Best Essay, Best Delegation, dan lain sebagainya. 

Terakhir, Aisya juga turut memberikan pesan dan motivasi kepada mahasiswa FISIP UNAIR untuk dapat berprestasi terutama dalam mengikuti program atau kegiatan berskala internasional. 

“Keluarlah dari zona nyaman, banyak-banyak ikuti kegiatan yang dapat mengasah potensi atau bakat dan minat kalian. Tidak harus mengikuti IYS, masih banyak kegiatan lainnya yang bisa kita explore. Ini membuktikan bahwa mahasiswa FISIP UNAIR berkompetensi tidak hanya di dalam Indonesia saja, tetapi mampu hingga ke luar Indonesia,” pesan Aisya. 

Artikel ini merefleksikan nilai SDGs poin ke-4 yaitu Quality Education. (VKE). 

source
https://unair.ac.id