FISIP UNAIR Plans to Hold ICOCsPA This Year

Surabaya – ADM WEB | International Conference on Contemporary Social and Political Affairs (ICOCsPA) merupakan kegiatan konferensi yang akan dilaksanakan kembali dengan tujuan untuk membangun jaringan akademis dengan pihak luar. Pada tahun sebelumnya kegiatan ICOCsPA telah berhasil bekerja sama dengan pihak UniSZA Malaysia.

Kegiatan tersebut diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan agustus dan bekerja sama dengan Universiti Teknologi Mara (UITM) Malaysia yang berlokasi di Shah Alam, Selangor, Malaysia. 

Probo Darono Yakti, S.Hub.Int, M.Hub.Int selaku dosen Hubungan Internasional menjelaskan bahwa ICOCsPA 2024 akan diselenggarakan secara offline di Kampus yang berlokasi di Shah Alam, Malaysia.

Output Yang Ingin Dicapai

Adapun acara tersebut diharapkan dapat menghasilkan output berupa publikasi bersama. Namun,  belum ada kepastian akan berlangsung selama berapa hari. 

“Nantinya konferensi tersebut akan dilaksanakan secara joint host sehingga Universitas Airlangga akan melakukan sharing resource dengan Universiti Teknologi Mara (UITM) Malaysia. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Kampus Alam Shah, Malaysia,” ujar Probo.

Selain itu, kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan secara offline dan para peserta dapat menghadirinya secara langsung ataupun online. Sistem pada konferensi tahun ini berupa Joint Conference dan host dari pihak UITM. Namun, untuk tema yang akan diangkat pada tahun ini akan diinformasikan lebih lanjut oleh kedua belah pihak. 

“Untuk tema pada tahun ini belum ada kepastian, kami masih mau adakan rapat secara internal terlebih dahulu,” ungkap Probo. 

Adanya kegiatan ICOCsPA tahun ini tentu menjadi momentum yang berharga baik bagi pihak Universitas Airlangga maupun pihak Universiti Teknologi Mara (UITM). Akan banyak output dan kesempatan yang diraih dalam kegiatan ICOCsPA tahun ini, termasuk tercipta nya kerja sama antara Universitas Airlangga dengan Universiti Teknologi Mara (UITM).

Harapan Untuk Persiapan Konferensi

Probo juga mengungkapkan antusias nya dalam kegiatan konferensi tersebut, ia mengungkapkan harapan nya selama persiapan ICOCsPA hingga kelancaran acara yang rencananya akan berlangsung di bulan agustus. 

“Saya sangat antusias menyambut perhelatan ICOCsPA ini karena menjadi sebuah kesempatan besar bagi FISIP untuk memperluas jaringan akademisnya secara Internasional. Dengan joint conference, berikutnya dapat dijajaki kerja sama pertukaran dosen dan mahasiswa, selain itu juga berkaitan dengan publikasi bersama,” tutupnya. 

Sumber: FISIP UNAIR, ICOCsPA 2022.

Artikel ini merefleksikan nilai SDGs poin ke-4, yaitu Quality Education (RAP).

source
https://unair.ac.id